Defisit Listrik Penyebab Pemadaman Bergilir Sumatera

September 9, 2013 @ 11:02 am
listrik

Jakarta, EnergiToday -- Pemadaman listrik yang terjadi di Sumatera, khususnya Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau dan Lampung akibat kurangnya pasokan listrik. Menurut Manajer Senior komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanti, defisit tersebut terjadi akibat terlambatnya proyek percepatan 10 ribu megawatt (MW) tahap I.


"Kondisi pasokan listriknya pas-pasan bahkan saat tertentu pasokan kurang sehingga terpaksa dilakukan pengurangan beban atau pemadaman bergilir," ucap Bambang, di Jakarta, Senin (9/9).


Menurutnya, banyak penyebab proyek 10 ribu MW tersebut mengalami keterlambatan, diantaranya adalah ketidakdisiplinan kontraktor proyek dalam target yang sudah ditetapkan.


Proyek 10 ribu MW tahap I, lanjutnya, adalah pengalaman pertama PLN bekerja sama dengan kontraktor dari China. Sebelumnya, untuk proyek-proyek pembangkit seperti itu PLN terbiasa bekerja sama dengan kontraktor dari Jepang, Jerman atau Amerika.


PLN rencananya akan melakukan proyek percepatan 10 ribu megawatt (MW) tahap I seperti pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Pangkalan Susu di Sumut, PLTU Nagan Raya di Aceh, dan PLTU Teluk Sirih di Sumbar. (SA/L6C)



Beri komentar

*) Wajib diisi. Email anda tidak akan ditampilkan