DNPI Luncurkan Strategi Mitigasi Perubahan Iklim

August 30, 2013 @ 6:25 am
DNPI Jakarta, EnergiToday-- Dewan Nasional Perubahan Iklim meluncurkan Strategi Nasional Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk penanganan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim pada hari Kamis (29/8) di hotel Kartika Chandra.

“Dokumen ini diharapkakn dapat menjadi salah satu acuan dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengendalikan perubahan iklim di Indonesia. Ini bagian penting dari visi Negara untuk membangun pertumbuhan ekonomi yang rendah emisi karbonnya,” kata Rachmat Witoelar, Utusan Khusus Presiden Indonesia untuk Perubahan Iklim dan Ketua Harian DNPI, seperti yang dikutip dari majalah Tambang.

Strategi ini adalah bentuk dari implementasi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 61 tahun 2011  tentang rencana aksi penurunan emisi nasional gas rumah kaca (RAN-GRK) dan Perpres nomor 71 tahun 2011 tentang inventarisasi GRK nasional.

Indonesia adalah salah satu dari lima negara yang mendapatkan bantuan teknis dari United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) untuk pengembangan keterampilan dan latihan SDM dalam rangka mendukung mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Negara berkembang.

Diharapkan, strategi nasional ini dapat membantu mencapai target penurunan emisi GRK nasional yang dicanangkan Presiden SBY sebesar 26% sampai 41% dibandingkan dengan BAU (Bussiness as Usual) pada tahun 2020. (Nimas/TAM)

Beri komentar

*) Wajib diisi. Email anda tidak akan ditampilkan