Komposisi Batubara Dalam Bauran Energi Inggris Meningkat

July 26, 2013 @ 8:37 am
coal Jakarta, EnergiToday--Menurut data yang dirilis oleh Department of Energy and Climate Change (DECC) Inggris hari Kamis (25/7), peran batubara sebagai sumber energi listrik semakin meningkat. Listrik yang diproduksi menggunakan batubara mencapai 39% di tahun 2012, naik dari 29% di tahun 2011.

Jika ditambahkan dengan penggunaan batubara di sektor industri dan domestik, konsumsi batubara secara keseluruhan naik sebesar seperempat lebih dari 2011. Pada periode yang sama, emisi karbon dioksida naik sekitar 4%, setelah bertahun-tahun turun stabil. Ini akan membuat lebih sulit untuk mencapai target perubahan iklim pemerintah.

Hal ini disebabkan banyaknya ketersediaan batubara yang mendorong harga menjadi turun. Semakin meningkatnya pasokan shale gas dari Amerika Serikat menyebabkan PLTG semakin banyak dibangun, sehingga batubara yang diekspor di pasar dunia semakin banyak, dengan harga yang murah.

Sementara itu, menurut Asosiasi Batubara Dunia, pangsa batubara dari konsumsi energi global di level tertinggi sejak akhir 1960-an. International Energy Agency memperkirakan bahwa jika tren ini diteruskan, batubara akan menyalip minyak sebagai bahan bakar utama. (Nimas/GUA)

2 komentar

    crorkz (4 Aug 2014 • 11:49)

    3lSB5v Hey, thanks for the blog article.Really thank you! Will read on...

    crorkz (5 Aug 2014 • 13:25)

    zdGVBs Really appreciate you sharing this article.Thanks Again. Really Great.

Beri komentar

*) Wajib diisi. Email anda tidak akan ditampilkan