Torang Lumbantobing Maju dengan Pertanian Jeruk

April 22, 2013 @ 4:22 pm
jerukn Tapanuli Utara, EnergiToday-- Sektor pertanian telah menjadi sektor andalan dalam perekonomian  di kabupaten Tapanuli Utara. Didalam mengembangkan perekonomian  rakyat ini, Pemerintah Kabupaten Torang Lumbantobing, berencana  akan mengembangkan  beberapa sektor pertanian yang berorientasi pada ekonomi kerakyatan melalui pembangunan masyarakat petani dan pembangunan sektor pertanian.

Di dalam misinya Pemkab Tapanuli Utara memberikan bantuan berupa penyebaran bibit tanaman, ternak, dan ikan. Bantuan bibit tanaman tersebut diantaranya adalah bibit tanaman kakao, kopi, karet, durian, pisang barangan, jeruk manis, mangga, dan jagung hibrida. Untuk hewan ternak, Pemkab menyebarkan bibit ternak babi, itik, kambing dan kerbau. Adapun bibit ikan diantaranya ikan mas, ikan nila, ikan lele, dan ikan batak.

Pengembangan sektor agrobisnis ini di perkirakan sangat besar berkembang pada agrobisnis jeruk dan ternak kerbau. Hal ini didukung karena  besarnya cadangan lahan kering di Kabupaten Tapanuli Utara yang luas yaitu sekitar 50 ribu hektare yang memiliki kawasan yang cukup potensial. Selain itu  pengelolaan produksi agrobisnis ini di bentuk sentra produksi jeruk yang  terdiri dari kantong- kantong produksi yang merupakan agregat dari kebun-kebun jeruk yang luas lahannya rata-rata kurang dari 1 hektare sampai lebih dari 5 hektare, dengan tujuan mempermudah dalam pengelolaan oleh kelompok tani.

Torang juga memperhatikan benar-benar infrastruktur  jalan yang yang menjadi kunci baiknya pemasaran hasil pertanian." Infrastruktur jalan harus  merupakan salah satu urat nadi pertumbuhan perekonomian sehingga hasil tani warga mudah di pasarkan dan dapat bersaing," tuturnya pekan lalu.(MI,DGI)

 

1 komentar

    Krettisuk (11 May 2014 • 23:43)

    Oh, ini yang Pak Horas ceritakan tadi malam ya, moga Garoga bisa maju ya, sonlaya putra daerahnya ad juga yg sudah maju.Blognya ini sy baru buka, bagus Pak. Sgt bermanfaat!Mauliate,Roy NababanThiess

Beri komentar

*) Wajib diisi. Email anda tidak akan ditampilkan